Teman bukan Mainan

Ada temen kita yang sedih banget gara-gara selalu jadi bulan-bulanan beberapa temennya. Semua yang dia lakukan selalu jadi bahan tertawaan bahkan celaan. Pernah ga kita berpikir gimana kalo kita ada di posisi temen kita itu? Yang slalu dihina, dicela dan ditertawain oleh semua orang??

 

Nggak berani, nggak mau ribut

            Biasanya orang yang dianggap nggak berdaya atau kecil kemungkinannya melawanlah, yang bakalan jadi korban bulan – bulanan.  Misalnya murid – murid yang nggak ‘gaul’ atau cenderung dianggap ‘freak’ di sekolahnya, atau karena disirikin sama temen – temennya. Tapi ada intinya, orang yang selalu jadi bulan – bulanan ini juga nggak pernah nunjukin perlawanan. Cuma memilih sikap diam, dengan alas an nggak berani atau nggak mau ribut. Sikap diam ini, akhirnya menimbulkan kesan kalo dirinya lemah. Nggak heran kalau akhirnya dia jadi sasaran empuk buat dicela – cela.

 

Makin diam, makin penasaran

            Padahal…temen kita yang sering dicela oleh temen – temen kita ( bahkan mungkin juga oleh kita sendiri) ini, juga punya perasaan kayak kita, lho. Dia juga bisa merasa malu, marah, sedih, dan sakit hati kalau dicela oleh orang lain. Dan kalaupun dia memilih diam, bukan berarti dia nggak bermasalah dengan semua cemoohan itu. Tapi parahnya, sikap diam temen kita itu, kadang – kadang justru bikin temen – temennya makin penasaran dan makin semangat buat mencemooh. Dan sedihnya lagi, banyak juga yang meskipun nggak ikut – ikutan mencela, tapi jadi cheerleading atau penonton setia yang asyik melihat ‘tontonan’ gratis ini.

 

Jangan diam saja

            Hmm…pernah kebayang nggak, gimana kalo kita yang ada di posisi temen kita itu? Ke mana – mana selalu ada tatapan mencemooh, selalu ada bisik – bisik lengkap dengan ketawa cekikikan tiap kali lewat di depan umum, selalu ada kata – kata yang bernada ejekan, wah…pokoknya bikin sakit hati banget deh! Ngadepin situasi kayak gini, pasti nyebelin banget kan? Kita pasti nggak senang selalu jadi bahan tertawaan. Memangnya kita badut? Kalau kita bisa semarah dan sekesal itu, berarti temen kita punya perasaan yang sama. Jadi, kalo lain kali ada yang mencela temen kita itu, mungkin kita harus lebih berani buat nunjukin sikap membela temen kita itu. Kepedulian bukan Cuma ditunjukkin buat korban bencana alm, tepi juga buat orang – orang yang ada di samping kita.

 

Yang bisa kita lakukan :

            Nah, kalo ada temen kita yang sering banget jadi bahan tertawaan ataupun celaan, kita bisa melakukan beberapa hal, seperti :

J     Nggak ikut – ikutan nyela. Kalau dulu kita susah buat mengontrol diri, sekarang mungkin kita harus bisa mengunci mulut dan tahu kapan saat yang tepat buat buka mulut.

J     Nggak perlu takut buat ngingatin temen kita kalau celaan mereka udah kelewatan. Nggak perlu dengan gaya sok ngajarin atau sok ngasi tau, tapi sambil dibawa bercanda aja. Toh, tujuan kita demi kebaikan juga kok.

J     Meskipun temen – temen kita masih suka mencela dirinya, tapi tunjukkin kalo kita nggak kayak gitu. Tapi justru mau jadi temennya dan nggak ikutan mencela dirinya. Pasti dia seneng banget karena ada seseorang yang peduli sama dirinya dan mau jadi temennya.

J     Ngajarin ‘bela diri’. Maksudnya bukan ngajarin karate atau taekwondo, tapi kamu ngasi tau ke dia supaya jangan diam aja. Kasih tau juga cara self defense yang pas tiap kali ada yang berani mencela dirinya. Kasih tau juga kalo diam itu nggak selamanya emas, tapi ada saatnya kita mesti nunjukin siapa diri kita sebenernya.

 

That’s all ‘bout caring ur friend. Saya harap, semua yang membaca artikel ini dapat menjadi orang yang lebih baik ke depannya…..^^

Published in: on November 14, 2008 at 12:47 pm  Leave a Comment  

The URI to TrackBack this entry is: https://riendzt.wordpress.com/2008/11/14/teman-bukan-mainan/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: